September 05, 2013

Home



 Bismillah.
Antum memasuki situs ini. Entah Anda masuk melalui apa ; mengetik URL di search bar, klik dari hasil googling, atau link dari posting lain yang Anda tahu. Ya, wallahu'alam lah. Yang jelas, Anda pasti akan terpancang dengan judul situs ini :”BADAN PELAYANAN UMAT”. Ssseett!!! Kami yakin Anda pasti terbesit dalam pikiran : apa itu Badan Pelayanan Umat?
Anda tahu ITS? Bagus. Anda tahu lembaga dakwah kampus? Disingkat sedikit biar enak jadi LDK? Kalau masih tahu, JMMI adalah nama LDK dari ITS. Sampai di sini, JMMI menyusun suatu rencana untuk membangun suatu organisasi yang dilatarbelakangi oleh kondisi umat sekarang. Mau lanjut atau penasaran dengan latar belakangnya? Okelah, latar belakang dulu ya.
Terlintas di benak mahasiswa ITS bahwasanya tidak bisa dipungkiri kondisi sekitar kampus ITS begitu prihatin, begitu senjang, begitu membingungkan juga. Jika Anda menuju utara dari ITS, bisa ditemukan dengan mudah 'semerbak' gedung dan rumah nan mewah. Atau ITS ke barat. Sama saja. Kalau ke utara itu Pakuwon, kalau ke barat itu Kertajaya.
Namun, jika Anda lebih 'mendalami' kawasan sekitar ITS, Anda juga bisa dengan mudah menemukan kawasan yang cukup kumuh. Apalagi sejak ada Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Keputih, makin nampak kumuhnya.
Sepintas keadaan dua kondisi yang sangat senjang diprediksi menyebabkan efek sosial yang tidak seimbang. Itu karena antara kedua kondisi tersebut tidak saling berinteraksi dengan baik. Bukti : apakah orang Pakuwon terlihat intens berinteraksi dengan tetangganya Kejawan Gebang? Kami bilang no.
Efek buruk dari kesenjangan dua kondisi tersebut adalah yang tinggi semakin tinggi, yang rendah semakin rendah.
Maka darinya, JMMI berinisiatif untuk melakukan aksi secara langsung, inklusif, dan kontinyu melalui Badan Pelayanan Umat (BPU). Fokus BPU adalah pembinaan, atau pengaderan jika yang menyebutnya mahasiswa, terhadap anak-anak kecil di kawasan yang membutuhkan, serta ibu-ibunya.
Mengapa mereka? Itu karena basis yang paling dasar dan dalam dari pembangunan masyarakat ada di tubuh anak-anak usia belia dan di tangan ibu mereka. Dan yang paling penting bagi suatu pendidikan adalah pendidikan Islam. Kami insyaa'Allah senantiasa menanamkan nilai-nilai Islam secara benar dan istiqamah. Inilah mengapa kami menitikberatkan betapa urgennya visi misi BPU yang mulia ini.
Semoga misi yang insyaa'Allah diridhai oleh Allah 'Azza wa Jalla ini dapat meluncur, melesat, dan semakin luar biasa!!!


Jazakumullahu khairan.

0 KOMENTAR:

Post a Comment